Monday, August 8, 2011

Mualaf #1: Maher Zain



1. Latar belakang  dalam bidang muzik & kisah pengIslaman
Sebenarnya saya baru mulai menyanyi sekitar 3.5 tahun yang lalu. Sebelum itu, saya bergerak di industri musik, tapi sebagai penerbit; bukan penyanyi. Sesekali  menyanyi juga, tapi biasanya hanya untuk demo. Dahulu saya bekerja dengan 'Red One' (penerbit Lady Gaga, Jennifer Lopez, dll); banyak membantu dalam penerbitan musik.

Sampai 3.5 tahun yang lalu, saya jauh dari agama. Jauh dari Allah. Tapi alhamdulillah setelah itu saya memeluk Islam dan sedar bahwa banyak sekali yang boleh saya sumbangkan kepada anak-anak muda seusia saya dan yang berada di situasi yang sama dengan saya. Saya ingin memberi inspirasi mereka. Oleh sebab itulah, akhirnya saya memutuskan untuk meninggalkan industri musik pop dan memilih jalan ini.

Akhir tahun 2007, tepatnya bulan Ramadhan. Sebelumnya saya sangat tersesat dan serba kebingungan. Saya mulai menanyakan hal-hal seperti "kenapa kita ada di dunia ini?", "Apa yang harus kita lakukan di sini?", "Apa tujuan kita hidup?" Saya juga banyak berfikir tentang kematian, tentang kehilangan orang tua dan saudara-saudara. Banyak sekali fikiran gila yang berkecamuk di benak saya, dan saya yakin banyak juga orang yang mengalami hal seperti ini. Ditambah lagi saat itu saya berada di lingkungan yang buruk, dikelilingi teman-teman yang buruk pula. 


Alhamdulillah setelah memutuskan untuk memeluk Islam, saya mulai mendapatkan jawapan atas pertanyaan-pertanyaan tadi. Sedikit demi sedikit saya mulai memahami.Kegilaan bermuzik sepertinya datang dari ayah saya, karena dia dulu juga seorang penyanyi. Keluarga ibu juga beberapa ada yang penyanyi. Tapi di dalam dunia muzik, saya belajar banyak dari 'Red One'.


2 Islam adalah...
Salat, puasa,.. sudahtentu saya jlaksanakan. Tapi bagi saya Islam adalah jalan hidup. Bukan sesuatu yang saya jalankan sebagai sampingan. Islam is the way I'm living. Berbuat baiklah pada sesama manusia, hormati semua orang, jangan pernah menyakiti orang tuamu bahkan dengan satu kata, apa pun yang diajarkan Islam, semuanya adalah hal yang baik. This is what Islam is for me and I'm trying to live it everyday.


3. Hidup di Sweden
Tentu saja lebih sulit dibandingkan Muslim yang tinggal di Indonesia atau negara lain yang majoritinya pemeluk Islam. Tapi alhamdulillah Islam sudah mulai berkembang di Swedia. Anak-anak muda Muslim di sana sudah bisa memberi gambaran seperti apa Islam yang sesungguhnya dan orang-orang di sana pun sudah bisa melihatnya. Tentunya masih ada yang berpandangan negatif, tapi kami berusaha selalu bertoleransi.

4. Objektif menyanyi
Misi saya adalah membawa pesan kedamaian dan harapan, jadi inspirasi bagi pendengar untuk jadi lebih baik, dan menunjukkan karakter baik Islam. Salah satu perkara yang membuat saya terus maju adalah kerana banyaknya penggemar yang mengatakan bahawa lagu saya mengubah hidup mereka. Banyak yang menangis mendengar lagu 'Insha Allah', 'Open Your Eyes', dan 'Thank You Allah'; dan mereka kata, "You don't understand how this song changed my life." Inilah yang membuat saya terus melakukan apa yang saya lakukan.



1 comment:

  1. Assalamualaikum..
    Afwan, ini muzik backgroundnya berjudul apa ni? Mohon di share kan, ana sangat senang lagu ini :) Jazakumullah

    ReplyDelete